BUDIDAYA SISTEM RESIRKULASI BILATHO FARM

Sunday, April 12, 2015


Budidaya sistem resirkulasi dengan proses secara lengkap pada umumnya menghasilkan kualitas air budidaya yang baik, sehingga kepadatan ikan budidaya dapat dinaikkan berlipat – lipat dengan kualitas air yang stabil.Akan tetapi khususnya di Indonesia, system resirkulasi secara murni memerlukan biaya investasi dan biaya listrik yang besar.
Karenanya system resirkulasi pada bilatho farm adalah modifikasi system resirkulasi yang lebih mudah pengoperasian dan aplikasinya serta sederhana prosesnya.Sehingga pembudidaya dapat memelihara ikan khususnya lele dengan cara yang praktis dan dengan parameter – parameter yang mudah.

Kemudahan – kemudahan penggunaan system resirkulasi bilatho farm adalah ;
 Dapat menaikkan padat tebar ikan (500 ekor/m3 -1000 ekor per meter3). Dengan sarat menggunakan kolam yang cukup kuat serta kapasitas filter dan pompa yang memadai.
Untuk pemula disarankan memulai dari kepadatan 250 ekor/m3 untuk belajar memperhatikan karakter air dan ikan yang menggunakan system ini.
 Cara pemupukan kolam yang cepat dan praktis.
 Tukar ganti air dapat dilakukan secara total tanpa membuat ikan sakit dengan penggunaan air baru.
 Secara teoritis kolam budidaya tidak perlu ganti air , yang diperlukan penambahan air akibat ruangan dari filtrasi ( dengan syarat kapasitas pompa dam filter mencukupi)
 Dapat dioperasikan secara indoor ataupun autdoor.
 Air kolam budidaya sangat stabil sehingga ikan tidak mudah stress dan sakit. Disamping itu bila menggunakan outdoor air kolam tidak terpengaruh oleh cuaca hujan ataupun panas.
 Air kolam budidaya bebas bau ( odors free )
 Teknis budidaya dan tahapan budidaya resirkulasi bilathofarm sangat praktis dan mudah sehingga dapat disambi oleh orang yang bekerja kantoran.
 Semua alat filtrasi diajarkan pembuatannya oleh penulis
 Disamping itu diajarkan pembuatan probiotik pakan,penambah nafsu makan ikan Yang bila dicampur pakan akan dimakan ikan sampai habis.
 Diajarkan pula substrat campuran pakan yang berfungsi yang meningkatkan proses pencernaan ikan sehingga tubuh ikan lebih gemuk.Dan substrat ini mengandung bakteri decomposer yang sudah jadi sehingga kotoran ikan bersifat koagulan (flok) dan membuat air kolam tidak berbau bila dikombinasikan dengan system filtrasi
 Kecepatan tumbuh ikan dapat stabil karena nafsu makan ikan dapat mencapai 6% per hari per bobot total ikan.
 Diajarkan juga teknik karantina, teknik dan dosis pengobatan yang tepat pada awal masa pemeliharaan sehingga tingkat kematian hingga panen dapat ditekan dibawah 10% (dengan catatan bibit yang diperoleh adalah bibit yang sehat)
 Sistem ini dapat diaplikasikan pada budidaya jenis ikan lainnya ( selain lele), hanya yang harus diperhitungkan adalah tingkat kepadatan ikan serta kapasitas pompa dan filtrasi.
 Dan yang terpenting system ini dapat langsung diintegrasikan dengan budidaya lainnya seperti aquaponik, cacing sutra dan lainnya.
 Sebagian cara ataupun tahapan proses dari resirkulasi bilathofarm dapat dicangkokkan pada system lain misalnya pada system green water ataupun pada system bioflok.
 Pelatihan dapat dilakukan jarak jauh karena petunjuk dan cara budidayanya lengkap dan mudah.sambil praktek konsultasi dapat dilakukan melalui telpon.


Secara umum cara kerja system resirkulasi bilatho farm adalah mengkombinasikan kerja filtrasi dan kerja bakteri decomposer yang ada dalam kolam.Sistem filtrasi pada bilatho farm adalah menggunakan inovasi alat berupa organic separator. Yaitu alat yang dapat memisahkan kotoran ikan yang bersifat koloid menjadi kotoran yang bersifat campuran sehingga kotoran terpisah dari air. Akibatnya air dapat memurnikan dirinya sendiri. Kotoran akan bersifat koagulan, sehingga walaupun air kolam budidaya tetap keruh, air bersifat tidak beracun bagi ikan.karena sebagian besar ammonia diikat oleh koagulan kotoran yang sudah banyak mengandung bakteri decomposer. Lagipula sebagian amonia dan zat beracun lainnya dirubah menjadi busa dalam organic separatordan pada proses terakhir ammonia juga diuapkan pada proses degassing berupa pancuran air.
Disamping itu, system resirkulasi bilathofarm juga mengandalkan kerja bakteri decomposer
yang terdapat dalam substrat yang dicampur dalam pakan. Fungsi dari substrat ini adalah :
 Memperbaiki proses penyerapan pakan ikan sehingga ikan menjadi gemuk, sehingga dapat memperbaiki efisiensi pakan.
 Menyehatkan tubuh ikan karena mengandung carbohirat dan mineral yang terdekomposisi penuh.
 Menstimulasi tubuh ikan agar terasa hangat.Sehingga gerak dan nafsu makan ikan tidak turun.
 Kotoran ikan menjadi bersifat koagulan sehingga air kolam tidak beracun.
 Kolam ikan menjadi tidak bau karena substrat ini bersifat absorbent (menyerap)




BIAYA DAN MATERI PELATIHAN
Adapun biaya yang dikenakan terhadap peserta pelatihan adalah sangat terjangkau. Karena pada dasarnya, penulis membuat pelatihan ini adalah dengan semangat berbagi pengetahuan dan ilmu dengan pembudidaya Indonesia.Disamping itu penulis ingin memperkenalkan dasar-dasar teknologi resirkulasi negara- negara maju dengan bahasa yang lebih ringan dan mudah untuk dimengerti oleh pembudidaya Indonesia, sehingga pembudidaya bila sudah mahir dapat mengembangkan system resirkulasi sesuai bentuk dan kebutuhannya.
Materi yang diberikan didalam kursus budidaya ikan system resirkulasi diantaranya :
Pelatihan dapat dilakukan jarak jauh (long distance learning)
 Dasar – dasar pengetahuan budidaya system resirkulasi dan dan system budidaya ikan lainnya.
 Sistem resirkulasi bilatho farm.
 Petunjuk pelaksanaan teknis budidaya ikan lele system resirkulasi bilatho farm.
 Cara pembuatan filter organic separator.
 Cara pembuatan kolam besi.
 Cara pembuatan aditif (proboitik pakan, penambah nafsu makan, substrat tambahan) pada pakan.
 Teknik karantina dan pengobatan ikan.
 Deret hitung jumlah pakan pada ikan hingga panen.
 Kalkulasi biaya investasi,overhead,biaya pakan dan keuntungan.
 Sekilas mengenai aquaponik dan budidaya cacing sutra.
Untuk informasi dan pendaftaran dapat mengubungi penulis di nomor telp.
Letak kolam penulis ada didaerah kampus UI depok,dan dapat melihat langsung dengan konfirmasi melalui telpon.




5 comments:

  1. Kalau mau kontak buat kursus jarak jauh gimana ?

    ReplyDelete
  2. Kalau mau kontak buat kursus jarak jauh gimana ?

    ReplyDelete
  3. Untul kursus jarak jauh brp biayanya?

    ReplyDelete
  4. Untul kursus jarak jauh brp biayanya?

    ReplyDelete
  5. Intinya peliharaan lele,gk usah ribet...kombinasikan sistem filtrasi air dgn metoda fisika bejana berhubungan dimn terjd nya aktivitas pengendapan zat padat dan aerasi.... Life so simple No ribet!!!!!gk perlu kursus2an segale...

    ReplyDelete